Selasa, 28 April 2015

Tingkatkan Kualitas Hidup Hingga Tua

Di periode saat ini, lumayan tidak sedikit orang yg mampu mencapai umur lebih panjang dari terhadap diawal mulanya, bahkan sanggup mencapai lebih dari 100 thn. Mempunyai usia yg panjang bisa jadi cita-cita tidak sedikit orang, namun ironisnya tidak sedikit orang yg menjalani periode tuanya bersama keadaan sakit-sakitan.

"Kalau sanggup kita janganlah hanya panjang usia, namun mempunyai mutu hidup yg baik hingga lanjut usia," kata dr.Chan Kin Ming, ahli geriatri dari Gleneagles Hospital dalam program Gleneagles Hospital 17th Annual Seminar di Singapura (25/4/15).

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mendefinisikan lanjut umur(lansia) dimulai kepada umur 60 th. Komune lansia dengan cara global, termasuk juga di Asia Tenggara tetap mengalami peningkatan. Bidang paling besar dari persoalan lansia yakni kesehatan. Lansia kerap mempunyai lebih dari dua penyakit.

"Proses penuaan bakal memengaruhi tiap organ & system badan. Organ & system badan saling terkait, maka kegagalan kepada satu organ dapat berpengaruh terhadap organ yang lain & berlangsung kegagalan multi organ," jelasnya.

Penyakit lansia antara lain artritis, hipertensi, penyakit jantung, kesukaran pendengaran, cedera, katarak, penyakit mental, & ada banyak lagi.

Hambatan kesehatan yg diderita lansia pasti membutuhkan anggaran kesehatan yg tak sedikit. "Sebenarnya bila berkata panjang usia, yg utama itu kualitasnya, bukan cuma durasinya," ujarnya.

Bertambahnya umur ialah satu buah factor yg tak sanggup kita cegah, namun kita mencegah penyakit-penyakit yg menyertai musim sepuh.

"Faktor genetik memang lah berperan mutlak dalam panjang pendeknya umur, tetapi kita sanggup menjaga pola hidup sehat. Makanlah makanan yg bervariasi, baik type atau warnanya. Kurang pula stres sebab stres dapat meningkatkan radikal bebas dalam badan," kata Wang.

Factor yg tak boleh dilewatkan yaitu masih aktif dengan cara fisik. Manfaat kegiatan fisik seperti ga ada habis-habisnya, seperti mengendalikan berat tubuh, memperbaiki sirkulasi, darah, meningkatkan kelenturan, & tidak sedikit lagi.

Berapa pula umur Kamu dikala ini, mulailah merawat kesehatan biar mampu meningkatkan seluruhnya kesempatan menikmati badan yg sehat hingga di umur lanjut kelak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar